AKSI NYATA TOPIK 4
PRESPEKTIF SOSIOKULTURAL PENDIDIKAN INDONESIA
(Auliya Saadatul Abadiyah, 202430021)
Mulai Dari Diri
Apa yang Anda pikirkan
tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
hal yang saya pikirkan
mengenai ZPD (Zona Proximal Development) adalah sebuah zona dimana anak sudah
memerlukan bantuan kepada orang yang lebih mampu untuk menyelesaikan permasalahannya,
seperti guru, teman sebaya maupun orang tua.
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari
dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
ZPD (Zona of Proximal
Development) merupakan jarak antara tingkat perkembangan aktual suatu anak
untuk memecahkan masalah secara mandiri dengan tingkat perkembangan potensial
ketika memecahkan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasi
dengan teman sebaya yang lebih mampu. Konsep ZPD melibatkan interaksi antara dua
orang yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda yaitu anak dengan kemempuan
kognitif tinggi memberikan bantuan kepada anak dengan tingkat kognitif rendah
sehingga dia mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan adanya bantuan. Zona
perkembangan proksimal bukan sekadar cara untuk merujuk pada perkembangan
melalui bantuan orang lain yang lebih kompeten. Bantuan ini hanya berarti dalam
kaitannya dengan fungsi pendewasaan yang diperlukan untuk transisi ke periode
usia berikutnya.
Ruang Kolaborasi
Apa yang Anda pelajari
lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi ini
saya bersama kelompok mendiskusikan tentang temuan unik yang terdapat pada 3
artikel yang kita analis. Diantaranya yaitu metode-metode yang digunakan oleh
guru dalam membantu peserta didik mengoptimalkan ZPD peserta didik dengan
bantuan (scaffolding) agar peserta didik dapat memaksimalkan potensinya. Scaffolding
yang di berikan dapat berupa diskusi, memberikan Latihan sebelum mengerjakan
tugas, dan juga pengelompokan berdasarkan kemampuan.
Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda
pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok
(bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?
Melalui demonstrasi
kontekstual, kami dapat berbagi pendapat mengenai topik yang dibahas dalam
artikel. Setiap kelompok memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun pada
intinya sama-sama mencari solusi yang dilakukan pada anak yang berada pada pekembangan
Zona Proksimal.
Selain itu, bekerja dalam
kelompok membantu saya belajar dari teman-teman, saling berdiskusi, dan
bertukar ide tentang faktor ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang
dapat menciptakan kesenjangan dalam pembelajaran. Proses ini juga melatih
keterampilan kerjasama dan komunikasi, karena kami harus saling mendengarkan
dan menghargai pendapat masing-masing.
Elaborasi Pemahaman
·
Sejauh
ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?
Scaffolding
dan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) saling melengkapi,scaffolding membantu
mengoptimalkan pembelajaran anak dalam ZPD. Melalui dukungan guru dan teman
sebaya. Seiring meningkatnyakemampuan anak, bimbingan secara bertahap
dikurangi. Prinsip konstruktivisme Vygotsky menekankan pembelajaran
sebagaiproses aktif yang didorong oleh interaksi sosial dan penggunaan alat budaya,
seperti bahasa.ZPD dianggap sebagai inti dari pembelajaran efektif, di mana
anak mendapat bantuan untuk memahami dan melakukan tugas yang melampaui
kemampuan mereka saat ini.
·
Apa
hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum
pembelajaran dimulai ?
Mengenai Konsep
ZPD secara luas dan saya baru memahami bahwa ZPD dengan scaffolding adalah
saling berhubungan, Dimana scaffolding merupakan bantuan yang digunakan untuk
ZPD.
·
Apa
yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?
Yang
ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu terkait dengan bagaimana penerapan
metode, model dan asesmen pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran pada
"Zone of Proximal Developement (ZPD)'
Koneksi Antar Materi
Apa yang Anda pelajari
dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan
mata kuliah lain?
Penerapan
ZPD dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang
meliputi latar belakang, pemahaman, kebutuhan, dan lainnya. Mata kuliah yang saling
berkaitan dengan konsep ZPD ini adalah. Saya memahami bahwa materi ini
berkaitan dengan materi filosofi pendidikan, ZPD memiliki peran menggiring
peserta didik dalam mengembangkan potensinya. seperti yang digagas oleh KHD
mengenai hak penuh peserta didik dalam belajar secara Merdeka. Pada mata kuliah
pemahaman peserta didik dan pembelajarannya, ZPD dapat menjadi acuan dalam
menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta
prinsip pembelajaran dan asesmen, ZPD mempertimbangkan asesmen yang tepat
digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.
Aksi Nyata
·
Apa
manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?
Hal yang
saya dapatkan dalam mempelajari topik ini adalah mengetahui adanya ZPD pada
anak yang perlu difasilitasi perkembangannya. Dengan mengetahui adanya ZPD kita
sebagai guru mengetahui kapan peserta didik memerlukan bantuan untuk memaksimalkan
potensinya. Konsep ZPD ini menekankan pentingnya kolaborasi, interaksi sosial,
dan bimbingan dalam proses pembelajaran
·
Bagaimana
Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?
Dari 1-10
saya menilai diangka 8 dalam menyikapi tantangan ini, saya masih butuh banyak
belajar dalam memahami konsep ZPD dan mempelajari karakteristik kapan seorang
peserta didik berada pada ZPD ini. Selain itu, terjun secara langsung di
sekolah menjadi pengalaman yang berharga dalam menyikapi tantangan
tersebut.
·
Apa
yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan
optimal?
Hal yang
perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkan dengan optimal pembelajaran
pada ZPD adalah mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta sehingga dapat
memberikan bimbingan dan arahan yang tepat untuk meningkatkan potensi setiap
peserta didik. Selain itu, menyusun strategi pembelajaran yang dapat memenuhi
kebutuhan dan berpusat pada peserta didik sehingga terciptanya pembelajaran
yang efektif dan bermakna.
Komentar
Posting Komentar