AKSI NYATA TOPIK 4_PRESPEKTIF SOSIOKULTURAL PENDIDIKAN INDONESIA

 AKSI NYATA TOPIK 4

PRESPEKTIF SOSIOKULTURAL PENDIDIKAN INDONESIA

(Auliya Saadatul Abadiyah, 202430021)

(sumber gambar : https://www.kompasiana.com/vimala60773/6151968f010190239a7177d2/vygotsky-s-definition-of-zpd)


Mulai Dari Diri

Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?

hal yang saya pikirkan mengenai ZPD (Zona Proximal Development) adalah sebuah zona dimana anak sudah memerlukan bantuan kepada orang yang lebih mampu untuk menyelesaikan permasalahannya, seperti guru, teman sebaya maupun orang tua.

Eksplorasi Konsep

Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?

ZPD (Zona of Proximal Development) merupakan jarak antara tingkat perkembangan aktual suatu anak untuk memecahkan masalah secara mandiri dengan tingkat perkembangan potensial ketika memecahkan masalah di bawah bimbingan orang dewasa atau dalam kolaborasi dengan teman sebaya yang lebih mampu. Konsep ZPD melibatkan interaksi antara dua orang yang memiliki kemampuan kognitif yang berbeda yaitu anak dengan kemempuan kognitif tinggi memberikan bantuan kepada anak dengan tingkat kognitif rendah sehingga dia mampu menyelesaikan permasalahan tersebut dengan adanya bantuan. Zona perkembangan proksimal bukan sekadar cara untuk merujuk pada perkembangan melalui bantuan orang lain yang lebih kompeten. Bantuan ini hanya berarti dalam kaitannya dengan fungsi pendewasaan yang diperlukan untuk transisi ke periode usia berikutnya.

Ruang Kolaborasi

Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?

Dalam ruang kolaborasi ini saya bersama kelompok mendiskusikan tentang temuan unik yang terdapat pada 3 artikel yang kita analis. Diantaranya yaitu metode-metode yang digunakan oleh guru dalam membantu peserta didik mengoptimalkan ZPD peserta didik dengan bantuan (scaffolding) agar peserta didik dapat memaksimalkan potensinya. Scaffolding yang di berikan dapat berupa diskusi, memberikan Latihan sebelum mengerjakan tugas, dan juga pengelompokan berdasarkan kemampuan.

 

Demonstrasi Kontekstual

Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?

Melalui demonstrasi kontekstual, kami dapat berbagi pendapat mengenai topik yang dibahas dalam artikel. Setiap kelompok memiliki pendapat yang berbeda-beda. Namun pada intinya sama-sama mencari solusi yang dilakukan pada anak yang berada pada pekembangan Zona Proksimal.

Selain itu, bekerja dalam kelompok membantu saya belajar dari teman-teman, saling berdiskusi, dan bertukar ide tentang faktor ekonomi, politik, sosial, dan budaya yang dapat menciptakan kesenjangan dalam pembelajaran. Proses ini juga melatih keterampilan kerjasama dan komunikasi, karena kami harus saling mendengarkan dan menghargai pendapat masing-masing.

 

Elaborasi Pemahaman

·       Sejauh ini, apa yang sudah Anda pahami tentang topik ini?

Scaffolding dan Zona Perkembangan Proksimal (ZPD) saling melengkapi,scaffolding membantu mengoptimalkan pembelajaran anak dalam ZPD. Melalui dukungan guru dan teman sebaya. Seiring meningkatnyakemampuan anak, bimbingan secara bertahap dikurangi. Prinsip konstruktivisme Vygotsky menekankan pembelajaran sebagaiproses aktif yang didorong oleh interaksi sosial dan penggunaan alat budaya, seperti bahasa.ZPD dianggap sebagai inti dari pembelajaran efektif, di mana anak mendapat bantuan untuk memahami dan melakukan tugas yang melampaui kemampuan mereka saat ini.

·       Apa hal baru yang Anda pahami atau yang berubah dari pemahaman di awal sebelum pembelajaran dimulai ?

Mengenai Konsep ZPD secara luas dan saya baru memahami bahwa ZPD dengan scaffolding adalah saling berhubungan, Dimana scaffolding merupakan bantuan yang digunakan untuk ZPD.

·       Apa yang ingin Anda pelajari lebih lanjut?

Yang ingin saya pelajari lebih lanjut yaitu terkait dengan bagaimana penerapan metode, model dan asesmen pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran pada "Zone of Proximal Developement (ZPD)'

Koneksi Antar Materi

Apa yang Anda pelajari dari koneksi antar materi baik di dalam mata kuliah yang sama maupun dengan mata kuliah lain?

Penerapan ZPD dalam pembelajaran dengan mempertimbangkan karakteristik peserta didik yang meliputi latar belakang, pemahaman, kebutuhan, dan lainnya. Mata kuliah yang saling berkaitan dengan konsep ZPD ini adalah. Saya memahami bahwa materi ini berkaitan dengan materi filosofi pendidikan, ZPD memiliki peran menggiring peserta didik dalam mengembangkan potensinya. seperti yang digagas oleh KHD mengenai hak penuh peserta didik dalam belajar secara Merdeka. Pada mata kuliah pemahaman peserta didik dan pembelajarannya, ZPD dapat menjadi acuan dalam menyusun rancangan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Serta prinsip pembelajaran dan asesmen, ZPD mempertimbangkan asesmen yang tepat digunakan oleh peserta didik dalam proses pembelajaran.

Aksi Nyata

·       Apa manfaat pembelajaran ini untuk kesiapan Anda sebagai guru?

Hal yang saya dapatkan dalam mempelajari topik ini adalah mengetahui adanya ZPD pada anak yang perlu difasilitasi perkembangannya. Dengan mengetahui adanya ZPD kita sebagai guru mengetahui kapan peserta didik memerlukan bantuan untuk memaksimalkan potensinya. Konsep ZPD ini menekankan pentingnya kolaborasi, interaksi sosial, dan bimbingan dalam proses pembelajaran

·       Bagaimana Anda menilai kesiapan Anda saat ini, dalam skala 1-10? Apa alasannya?

Dari 1-10 saya menilai diangka 8 dalam menyikapi tantangan ini, saya masih butuh banyak belajar dalam memahami konsep ZPD dan mempelajari karakteristik kapan seorang peserta didik berada pada ZPD ini. Selain itu, terjun secara langsung di sekolah menjadi pengalaman yang berharga dalam menyikapi tantangan tersebut.                                                                                                

·       Apa yang perlu Anda persiapkan lebih lanjut untuk bisa menerapkannya dengan optimal?

Hal yang perlu saya persiapkan lebih lanjut untuk menerapkan dengan optimal pembelajaran pada ZPD adalah mengidentifikasi kebutuhan belajar peserta sehingga dapat memberikan bimbingan dan arahan yang tepat untuk meningkatkan potensi setiap peserta didik. Selain itu, menyusun strategi pembelajaran yang dapat memenuhi kebutuhan dan berpusat pada peserta didik sehingga terciptanya pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Komentar